Jumat, 11 Maret 2016

Kayu Jati Dan Cara memilihnya

Kayu Jati Dan Cara memilihnya - Berdasarkan pengalaman dari saya memilih kayu jati itu kalau tidak hati hati anda bisa tekor (jawa) rugi kalau memilih kayu jati yang tidak pas untuk kita yang mau membuat produksi mebel.






Langsung saja singkat cerita, dibawah ini adalah cara memilih kayu baik yang baik agar pada saat pembuatan mebel seperti tempat tidur anak, kamar set, tempat tidur karakter, lemari, bufet, nakas, pigura semua bisa maksimal tidak merugi :

1. Mengenali umur kayu, ciri-cirinya dari warna , semakin coklat semakin umur kayu semakin terlihat tua, sedangkan putih berarti banyak kemungkinan kayu jati masih muda, dan resiko saat pembuatan mebel ber evek kekuatan kayu tersebut cepat dimakan rayap.

2. Tua muda kayu jati dapat anda kenali dengan lapisan kayu jati tersebut terlihat lebih hidup. Kayu jati yang berkualitas bagus pasti kayunya tua, dan warna permukaan kayu pada kayu jati yang berumur tua akan terlihat lebih hidup, penyebabnya adalah banyaknya pigmen kayu yang terbentuk pada kayu jati tua tersebut menjadi awet jika kita mengolahnya dengan baik.

3. Tidak ada soco (jawa) hati kayu. menurut orang jawa soco itu sejenis mata kayu warna hitam yang mudah lapuk. Dan istilhnya Hati kayu adalah bagian dari pusat kayu, bagian ini biasanya berisi seperti gabus. Umumnya, tampilan hati pada kayu, berbentuk seperti garis yang panjang jleret (bahasa jawa) dan apabila terlepas akan menimbulkan bekas yang dapat merusak keindahan kayu jati.

4. Jangan memilih kayu jati yang bolong tengahnya. Anda bisa tau dan membedakan hal itu tentunya.

5. Pori pori atau seratnya yang padat, Karena kayu akan semakin kuat dan tahan lama.


Aslinya tidak usah pusing pusing untuk memilih kayu jati, Hanya tips sederhana di atas anda terapkan pasti akan berhasil mendapatkan kayu jati yang baik dan jangan tergesa gesa jika anda ingin membeli kayu jati yang berkualitas, pastikan anda cukup berpengalaman hal itu, Tidak mungkin juga jika anda pandai dalam memilih kayu jati yang baik pasti produk furniture anda seperti membuat lemari pakaian dan lemari pakaian anak, tempat tidur bayi, tempat tidur karakter, nakas, bufet, meja makan, kursi makan dan produk furniture lainnya pasti hasilnya akan memuaskan. Tapi banyak pengalaman ada harga ada rupa, begitu juga kayu yang baik seperti TPK pasti mahal dan kayu jati yang muda pasti sedikit lebih murah. Semoga bermanfaat. Amiin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar